Ujian Nasional Bagaimana pendekatan keruangan geografi mengkaji suatu fenomena bencana gunung meletus

Bagaimana pendekatan keruangan geografi mengkaji suatu fenomena bencana gunung meletus

Fenomena alam merupakan peristiwa yang terjadi di alam tanpa campur tangan manusia. Fenomena alam gunung meletus merupakan fenomena yang harus kita hindari karena akan berakibat fatal dapat menghancurkan permukaan bumi.

Pembahasan:

Alam di Bumi menyimpan banyak cerita dan misteri yang menakjubkan sekaligus menakutkan. Faktanya, Bumi tempat kita hidup adalah satu-satunya planet dengan kondisi yang cocok untuk kehidupan manusia.

Namun, fenomena alam yang terjadi seringkali memakan banyak korban jiwa. Namun fenomena alam itu sendiri adalah sesuatu yang terjadi secara alami. Manusia tidak dapat menghentikan fenomena alam.

Fenomena alam adalah peristiwa non-buatan manusia yang terjadi di Bumi. Fenomena alam buatan manusia seringkali tidak diperhitungkan sebagai fenomena alam karena terjadi secara alami.

  • Gempa bumi adalah goncangan permukaan bumi yang disebabkan oleh pergerakan kerak bumi sehingga menyebabkan pelepasan energi secara tiba-tiba dari dalam. Pelepasan energi ini  menciptakan gelombang seismik yang menyebabkan gempa bumi.  
  • Tsunami adalah gelombang laut besar yang disebabkan oleh pusaran air yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik, letusan gunung berapi, dan jatuhnya meteor ke laut.
  • Tornado digambarkan sebagai pusaran spiral raksasa  dengan  awan berbentuk corong turun. Tornado biasanya disebabkan oleh tumbukan udara hangat dan lembab dengan udara kering dan dingin.
  • Indonesia yang beriklim tropis tentu saja rawan dengan fenomena alam yang biasa terjadi di iklim tropis. Salah satu fenomena tersebut adalah siklon tropis. Ini adalah badai kuat yang terjadi di daerah tropis atau subtropis. Rata-rata radius siklon tropis bisa mencapai 150 hingga 200 kilometer dengan kecepatan angin hingga 34 knot.
  • El Niño merupakan  fenomena alam berupa pola iklim  Pasifik yang dapat mempengaruhi cuaca di seluruh dunia. El Nio selalu berpasangan dengan La Niña, kebalikan dari El Nio.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang wewenang pemerintahan brainly.co.id/tugas/47356070

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4